Peningkatan Antusiasme Masyarakat dalam Pagelaran Malam Tirakatan HUT Ke-78 RI di Desa Suko Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Republik Indonesia meraih kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, dan peringatan HUT ke-78 RI memicu kegiatan meriah di masyarakat. Tirakatan, sebagai tradisi peringatan kemerdekaan, memiliki simbol dan makna yang dalam. Namun, perlu diakui bahwa Tirakatan juga berperan sebagai sarana mempererat hubungan antarwarga, tercermin dalam solidaritas di antara mereka. Evaluasi lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi, keberagaman kegiatan, dan pemanfaatan nilai-nilai lokal agar Tirakatan dapat lebih optimal dalam memperkuat kohesi masyarakat. Kegiatan ini bertujuan menganalisis kegiatan yang dapat meningkatkan partisipasi dan antusiasme masyarakat dalam merayakan peringatan ini. Metode dengan melakukan observasi terkait malam tirakatan. Kegiatan yang dilakukan oleh warga sebagai bentuk kebersamaan dan media komunikasi antar warga secara partisipatif, dan penyelenggaraan acara lokal dapat meningkatkan antusiasme masyarakat.
Rincian Artikel
Referensi
Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan, & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Darmawan, D., S. Arifin, & A. R. Putra. (2018). Teknik Komunikasi. Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D., F. Issalillah, E. Retnowati, & D. R. Mataputun. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.
Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Arbitrase: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.
Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.
Djazilan, M.S. & D. Darmawan. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.
Durkheim, É. (2011). Durkheim on Religion: A selection of readings with bibliographies and introductory remarks. ISD LLC.
Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.
Lembong, D., S. Hutomo, & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Masnawati, E. & Y. Kurniawan. (2023). Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.
Putra, A. R. et al. (2022). Relationship between Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.
Sindi, R., H. Al-Uswah, B. S. Arifin., L. A. Mubriqoh, D. H. Mutia, Musyafaq, M. A. Azzaki, & A. Wafidhi. (2019). Tradisi Tirakatan di Ngoro-Oro: Analisis Budaya Masyarakat menurut Perspektif Badawa Ibnu Khaldun dan Solidaritas Emile Durkheim. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 451-454.
Subqi, I., & R. A. Sutrisno. (2018). Islam dan Budaya Jawa. 1st edn. Edited by M. Ali. Solo.
Ummat, L. S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.
Wahyudi, I., D. Darmawan, & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.