Upaya Meningkatkan Disiplin: Pelatihan Baris Berbaris Siswa Kelas 6 di MI Bahrul Ulum Desa Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Peraturan Baris Berbaris adalah kegiatan ekstrakurikuler yang memupuk kekompakan, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam melaksanakan perintah secara tepat dan cepat. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menanamkan nilai kedisiplinan siswa kelas 6 di MI Bahrul Ulum tentang tata tertib dalam kegiatan upacara bendera. Metode yang digunakan adalah praktik langsung baris berbaris. Proses penanaman nilai-nilai kedisiplinan yang diterapkan dalam kegiatan PBB berlangsung dalam bentuk pelatihan. Hasil penilaian rating menunjukkan rata-rata penilaian penanaman nilai disiplin dengan kriteria sangat baik. menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pelatihan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tingkat disiplin pada siswa kelas 6 yang mendapatkan pelatihan baris berbaris dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik siswa, tetapi juga membantu mengembangkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama tim
Article Details
References
Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan, & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Prenada Media.
Darmawan, D., S. Arifin, & A. R. Putra. (2018). Teknik Komunikasi. Metromedia, Surabaya.
Darmawan, D., F. Issalillah, E. Retnowati, & D. R. Mataputun. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.
Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.
Dekanawati, V., N. Astriawati, P. S. Santosa, & I. Bertho. (2021). Pelatihan Digital Leadership 4.0 Bagi Pengurus OSIS SMKN 2 DEPOK. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 147–154.
Deni, M. (2018). Kedisiplinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pelayanan Publik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 31–43.
Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.
Djazilan, M.S. & D. Darmawan. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.
Elok Budiyanti, E. (2020). Peranan Pelaksanaan Pbb (Peraturan Baris Berbaris) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Disiplin Terhadap Anggota Pramuka di SMP Negeri 2 Balapulang Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Pancasakti Tegal.
Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Agora, 5(1), 1-3.
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi yang Baik. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121–126.
Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.
Lembong, D., S. Hutomo, & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Masnawati, E. & Y. Kurniawan. (2023). Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.
Putra, A. R. et al. (2022). Relationship between Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.
Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Ummat, L. S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.
Wahyudi, I., D. Darmawan, & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.