Penguatan Penjualan Produk Melalui Pendampingan Usaha Sektor Peternakan Ditinjau dari Kebersihan Lingkungan dan Promosi

Authors

  • Utami Puji Lestari Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Hana Wafiqotus Salamah
  • Reny Nuraini Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ella Anastasya Sinambela Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ernawati Ernawati Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nurul Masithoh Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Tri Seno Anjanarko Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Jahroni Jahroni Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Samsul Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mila Hariani a:1:{s:5:"id_ID";s:31:"Universitas Sunan Giri Surabaya";}

Keywords:

Sektor Peternakan, Kebersihan Lingkungan, Promosi, Pengabdian

Abstract

Agribisnis sebagai salah satu sektor yang berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Keberadaan usaha ini berkaitan dengan ketersediaan kebutuhan manusia semakin meningkat. Tujuan pengabdian dilakukan untuk dapat memberikan kontribusi kepada peternak pelestarian lingkungan melalui kebersihkan lingkungan usaha terutama kandang dan aktif promosi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan ditindakan dengan serangkaian tahapan mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu peternak lebih giat membersihkan kandang dan tempat penjualan karena dengan kegiatan ini kebersihan kandang dan juga dapat mmberikan edukasi bagi pemuda desa untuk belajar wirausaha.

References

Annisa, Ester, Erina, & Yunita. (2023). Analisis Aspek Lingkungan dan Aspek Pemasaran pada Uaha Quality Friend Chicken. Jurnal SIstem Informasi, Akuntansi, dan Manajemen, 3(3), 432-437.

Bayhaqi, H.N., S. Sulaiman, D. Darmawan, S. Arifin, M. C. Rizky, M. Munir, A. R. Putra. (2024). Penerapan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Usaha Mikro Super Baret Konveksi di Kampung Topi Punggul Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(2), 6-12.

Daud, M., Zulfan, Z., Arismawan, A., & Fuadi, Z. (2022). Pemberdayaan Kelompok Ternak dalam Pemanfaatan Limbah Feses Itik Sebagai Pupuk Organik FermentasI. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(7), 1231-1238.

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(1), 1-10.

Halizah, S. N., Mardikaningsih, R., Lestari, U.P., Aliyah, N.D., & Nuraini, R. (2023). Strategi inovatif pengembangan UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Padimas, 1(1), 38-45.

Ikhsani, A. A., & Saputra, D. I. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi pada Bisnis Pempek Lestari. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 17-26.

Jannah, Z., M. F. Jazuli, T. S. Anjanarko, D. Darmawan, N. Masithoh, U. Chasanah, E. A. Sinambela, & E. Ernawati. (2023). Pendampingan Digital Marketing UMKM Budidaya Jamur Tiram Putih di Desa Jumputrejo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1-6.

Masnawati, E., Rojak, J.A., Irfan, M., & Kurniawan, Y. (2023). Merajut solidaritas: Membangkitkan semangat kemerdekaan melalui ikatan sosial yang kuat. Padimas, 1(2), 1-8.

Munir, M., Saraswati, S., Hikmahyatun, S. F., & Rifai, Y. (2019). Study Kelayakan Bisnis dalam Aspek Lingkungan Hidup. Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3(02), 157-171.

Nurhadi, N. (2023). Aspek-aspek yang Dapat Meningkatkan Kinerja Produksi (Analisis Kelayakan Bisnis). JSIM: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(5), 512-519.

Published

2024-11-29