Partisipasi Menggerakkan Ekonomi Sidoarjo: Sinergi Supply Chain Antara Mahasiswa dan UMKM

Isi Artikel Utama

Mohammad Asifur Rohman
Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi
Ikhwanuddin Ikhwanuddin
Judiono Judiono
Mila Hariani
Ernawati Ernawati
Yeni Vitrianingsih

Abstrak

Pembangunan ekonomi masyarakat saat ini dapat dikembangkan melalui beberapa sektor salah satunya UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Inovasi UMKM yang ada di masyarakat sudah beragam mengikuti pertumbuhan ekonomi di masyarakat salah satunya bersinergi dengan supply chain. Pengabdian ini bertujuan untuk membangun ekonomi UMKM masyarakat Sidoarjo melalui bersinergi dengan supply chain oleh mahasiswa Universitas Sunan Giri. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan PAR (Participatory Action Research). Hasil pengabdian membuktikan bahwa perekonomian UMKM masyarakat Sidoarjo mengalami perkembangan pasca bersinergi dengan supply chain. Perekonomian masyarakat Sidoarjo terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian ini dan masyarakat mendapatkan wawasan baru terkait pentingnya peran supply chain bagi UMKM. Penulis merekomendasikan kepada Masyarakat di Sidoarjo agar memperluas jaringan mitra supply chain untuk lebih mengembangkan perekonomian mereka dan saling bekerja sama antar UMKM satu sama lain.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Batubara, M. H. & S. Aisyah. (2022). Supply Chain Management Strategy for MSMEs in Reducing Unemployment in Medan City. Journal of Indonesian Management (JIM), 2(3), 405-410.

Darmawan, D. (2022). Pengaruh Lokus Kendali, Lingkungan Sosial dan Perilaku Produktif Mahasiswa terhadap Intensi Berwirausaha. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 422-430.

Darmawan, D. et al. (2023). Digitalization of Kedai Industry: Analysis of The Role of Internet Marketing Orientation and Innovation on Marketing Performance. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 21-31.

Darmawan, D., P. N. L. Sari, S. A. Jamil, & R. Mardikaningsih. (2023). Penerapan Manajemen Strategi: Kontribusi Orientasi Pasar Dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM, Journal of Management and Economics Research, 1(2), 64-70.

Darmawan, D. (2024). Distribution of Six Major Factors Enhancing Organizational Effectiveness. Journal of Distribution Science, 22(4), 47-58.

Ellram, L. M., W. L. Tate, & C. Billington. (2004). Understanding and Managing the Services Supply Chain. Journal of supply chain management, 40(3), 17-32.

Ernawati, E., R. Mardikaningsih, D. Darmawan, E.A. Sinambela. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif UMKM Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5 (2), 144-153.

Fitriani, A. (2022). Hukum dan Kesadaran Masyarakat: Strategi Pemberdayaan UMKM di Era Digital. Genta Publishing, Bandung.

Furqon, C. (2014). Analisis Manajemen dan Kinerja Rantai Pasokan Agribisnis Buah Stroberi di Kabupaten Bandung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 3(2), 109.

Gunawan, B. (2021). PKM Usaha Mikro Penjahit Busana di Kalakan Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 789-798.

Hardyansah, R. (2023). Assessment of the Efficiency of Government Licensing Services in Supporting the Development of Micro and Small Enterprises. Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 5-12.

Infante, A. & R. Mardikaningsih. (2022). The Potential of social media as a Means of Online Business Promotion, Journal of Social Science Studies, 2(2), 45-48.

Irfan, M., M. Hariani, Y. R. Al Hakim, & D.W. Sigita. (2022). Penilaian Strategi Pemasaran Pada Pengembangan Produk Dengan Pendekatan SWOT, Jurnal Lima Daun Ilmu, 2(2), 27-40.

Issalillah, F. & Y. Kurniawan. (2021). Modal Psikologis dan Intensi Berwirausaha: Potensi Kewirausahaan ditinjau dari Kekuatan Mental, Jurnal Lima Daun Ilmu, 1(1), 27-38.

Jannah, Z., M. F. Jazuli, T. S. Anjanarko, D. Darmawan, N. Masithoh, U. Chasanah, E. A. Sinambela, & E. Ernawati. (2023). Pendampingan Digital Marketing UMKM Budidaya Jamur Tiram Putih di Desa Jumputrejo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1-6.

Kemarauwana, M. & D. Darmawan. (2020). Perceived Ease of Use Contribution to Behavioral Intention in Digital Payment, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 1-4.

Khayru, R.K., R. N. K. Kabalmay, M. W. Amri & R. Mardikaningsih. (2022). The Role of Psychological Capital and Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Intention, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 49-60.

Kurniawan, Y., I. Setiawan, R. K. Khayru, & D. Darmawan, S. N. Halizah. (2021). Kajian Faktor-Faktor yang Membentuk Intensi Berwirausaha Mahasiswa, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41 – 48.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34-40.

Mardikaningsih, R. et al. (2018). Studi Tentang Pengaruh Daya Tarik Promosi, Media Digital dan Kelompok Referensi terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Tokopedia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 21-30.

Mardikaningsih, R. (2022). Reinforcement of Students' Entrepreneurial Intentions through Soft Skills and Hard Skills Empowerment, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 6-14.

Ni'am, S., M. Mujito, H. Udjari, D. Darmawan, M. C. Rizky, R. Firmanto, I. Purwanto. (2024). Supervision and Enforcement of Street Vendors, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 5(2), 7–10.

Nuraini, R, S. N. Halizah, D. S. Arum, M. T. Hardiyanti, & M. Masrifah. (2023). Price and Brand Image: Drivers of Consumer Loyalty in the Footwear Market. Journal of Science, Technology and Society, 4(1), 35-46.

Nuraini, R., B. Gardi, D.Darmawan. (2024). Application of Accounting Information Systems in Micro, Small and Medium Enterprises, Bulletin of Science, Technology and Society, 3(1), 21-30. Safitri, E. (2012). Pengelolaan Usaha Jahit Pakaian di Kecamatam Kampar Timur Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi. Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Putra, A.R., S. Arifin, R. Mardikaningsih, & M Hariani. (2016). Peran Karakteristik Kewirausahaan Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Sidoarjo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 29-34.

Ridwan, M. & M. R. Gaffar. (2022). Efisiensi Persediaan dan Distribusi Melalui Integrasi Supply Chain Management. Applied Business and Administration Journal, 1(2), 36-44.

Setiyani, A., T. Yuliyanti, & D. Rahmadanik. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 425-433.

Sigita, D. S. & Y. R. Al Hakim. (2022). The Effect of Service Quality, Digital Marketing and Brand Image on Customer Satisfaction, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 59-72.

Sinambela, E. A. & D. Darmawan. (2022). Advantages and Disadvantages of Using Electronic Money as a Substitute for Cash, Journal of Social Science Studies, 2(2), 56-61.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih, E. Retnowati, U. P. Lestari, J. Jahroni, A. R. Putra, M. Munir, D. Darmawan & S. Arifin. (2022). Penyuluhan dan Pelatihan Pendaftaran Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Journal of Social Responsibility Projects, 3(2), 120−122.

Suwandi, S., A. Amelia, M. S. Situmorang, & S. Parlindungan. (2024). Peran Kewirausahaan dalam Membangun dan Memajukan Perekonomian Bangsa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Ekonomi, 2(1), 223-233.

Syukron, S., A. Zarkasih, S. L. A. Nasution, M. R. Siregar, & R. S. Munthe. (2022). Strategi Pemasaran Produk di Era Digital Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 159-164.

Tanjung, M., Y. S. Tambunan, & S. Veronika. (2024). Peran Generasi Muda untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah dari Sektor UMKM di Era Digital Kelurahan Binasi Tapanuli Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Disiplin Ilmu, 2(1), 7-13.

Tawaka, A. & T. Harihayati. (2018). Supply Chain Management di PT Multi Instrumentasi. Disertasi. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Zhu, Q., J. Sarkis, & K. Lai, (2018). Institutional-Based Antecedents and Performance Outcomes of Supply Chain Collaboration. Supply Chain Management: An International Journal, 23(4), 321–336.