Gerakan Pesantren Kilat: Penguatan Nilai Keimanan dan Wawasan Keislaman
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perubahan era digitalisasi memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan dan aktivitas manusia. Selain itu, sisi buruk perubahan ini memberikan ancaman kerusakan moral dan sosial yang seringkali terjadi di anak-anak hingga usia remaja. Kesadaran kebutuhan pendidikan perlu ditingkatkan melalui pesantren kilat digerakkan untuk menanamkan nilai keimanan dan wawasan keislaman. Pelaksanaan pengabdian dengan metode PTP (Penelitian Tindakan Partisipatif), tim pengabdian terlibat aktif berpartisipasi pada seluruh rangkaian kegiatan. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan kebutuhan pendidikan bagi peserta didik terpenuhi dan mampu mengendalikan pengaruh yang diberikan terhadap lingkungan. Selain lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat saling bersinergi pada proses pendidikan.
Rincian Artikel
Referensi
Aini, N., Kurniawan, A. D., Andriani, A., Susanti, M., & Widowati, A. (2023). Literature Review: Karakter Sikap Peduli Sosial. Jurnal Basicedu, 7(6), 3816-3827.
Ali, A., Eq, N. A., & Suhartini, A. (2022). Kecerdasan Spiritual Santri Melalui Puasa. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 1-10.
Azizah, N., Kurniawati, A., & Razi, F. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Religius Melalui Kegiatan Rutin Istighotsah Malam Jum’at Manis. Kariman, 11(1), 31-46.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, HandbookI Cognitive Domain. Longsmans, Green and Co, New York.
Falah, N. (2014). Efektivitas Out Bound Sebagai Metode Pembelajaran (Studi pada Out Bound Mahasiswa Jurusan BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Hisbah, 11(1), 53-74.
Hamidah, F. N., Mansur, R., & Afifulloh, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembelajaran Khat Kaligrafi di MAN 1 Kabupaten Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 8(6), 227-236.
Latifah, E. (2023). Tradisi Ziarah dalam Masyarakat Jawa Perspektif Filsafat Nilai Max Scheler. An-Nur: Jurnal Sstudi Islam, 15(1), 153-175.
Muzakki, I. H., Al-Hikami, F. J., Pramono, I. A., Matiyah, I., & Basuki, B. (2023). Sinergitas Keluarga, Sekolah dan Masyarakat terhadap Pendidikan di Era Disrupsi Menurut Nahlawi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 360-374.
Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-16.
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1-18.
Wahyuni, I. (2023). Peran Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak-Anak Sekolah Dasar (SD). GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(2), 260-270.
Wijayanti, I. (2021). Kemerosotan Nilai Moral yang terjadi pada Generasi Muda di Era Modern. Open Science Framework, 1-8.
Wirawan, P. A., Alghazali, R. D., & Anrial, A. (2023). Penguatan Mental Mahasantri Al-Jamiah IAIN Curup Melalui Kuliah Tujuh Menit. Journal of Da’wah, 2(2), 275-295.
Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 3(1), 118-134.