Peningkatan Daya Saing dan Keberlanjutan Usaha Mikro di Surabaya

Isi Artikel Utama

Vicky Yoga Satria
Tri Seno Anjanarko
Agung Satryo Wibowo
Rommy Hardyansah
Jahroni Jahroni
Amir Bandar Abdul Majid
Cilda Thesisa Ilmawan Dzinnur

Abstrak

Usaha menjahit dapat dikatakan usaha jasa untuk meningkatkan nilai tambah dari barang tekstil menjadi pakaian. Keberlangsungan usaha ini ditentukan dari banyaknya pelanggan. Dukuh Menanggal dapat dikatakan salah satu wilayah yang terletak di pinggiran kota dan dikenal sebagai pusat industri kreatif pada bidang penjahitan baju. Kurangnya daya saing di pasar yang semakin kompetitif menjadikan hambatan pada perkembangan UMKM jahit baju. Pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya berbentuk pendampingan kepada UMKM penjahit baju di RT 1 RW 2 Dukuh Menanggal. Pengabdian ini didasarkan pada Asset Based Community Development (ABCD). Hasil dari pengabdian ini berhasil meningkatkan pendapatan dan daya saing UMKM. Kegiatan ini memperkuat ikatan sosial masyarakat dengan pelaku usaha menjahit karena membuka kesempatan untuk belajar menjahit sebagai bentuk strategi pemasaran dan kontribusi positif pada masyarakat. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kualitas produk, pelayanana usaha, dan pendapatan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Darmawan, D. (2022). Pengaruh Lokus Kendali, Lingkungan Sosial dan Perilaku Produktif Mahasiswa terhadap Intensi Berwirausaha. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 422-430.

Darmawan, D. et al. (2023). Digitalization of Kedai Industry: Analysis of The Role of Internet Marketing Orientation and Innovation on Marketing Performance. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 21-31.

Darmawan, D., P. N. L. Sari, S. A. Jamil, & R. Mardikaningsih. (2023). Penerapan Manajemen Strategi: Kontribusi Orientasi Pasar Dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM, Journal of Management and Economics Research, 1(2), 64-70.

Darmawan, D. (2024). Distribution of Six Major Factors Enhancing Organizational Effectiveness. Journal of Distribution Science, 22(4), 47-58.

Ernawati, E., R. Mardikaningsih, D. Darmawan, E.A. Sinambela. (2022). Pengembangan Keunggulan Kompetitif Umkm Melalui Strategi Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5 (2), 144-153.

Fitriani, A. (2022). Hukum dan Kesadaran Masyarakat: Strategi Pemberdayaan UMKM di Era Digital. Genta Publishing, Bandung.

Gunawan, B. (2021). PKM Usaha Mikro Penjahit Busana di Kalakan Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 789-798.

Hardyansah, R. (2023). Assessment of the Efficiency of Government Licensing Services in Supporting the Development of Micro and Small Enterprises. Bulletin of Science, Technology and Society, 2(2), 5-12.

Infante, A. & R. Mardikaningsih. (2022). The Potential of social media as a Means of Online Business Promotion, Journal of Social Science Studies, 2(2), 45-48.

Irfan, M., M. Hariani, Y. R. Al Hakim, & D.W. Sigita. (2022). Penilaian Strategi Pemasaran Pada Pengembangan Produk Dengan Pendekatan SWOT, Jurnal Lima Daun Ilmu, 2(2), 27-40.

Issalillah, F. & Y. Kurniawan. (2021). Modal Psikologis dan Intensi Berwirausaha: Potensi Kewirausahaan ditinjau dari Kekuatan Mental, Jurnal Lima Daun Ilmu, 1(1), 27-38.

Jannah, Z., M. F. Jazuli, T. S. Anjanarko, D. Darmawan, N. Masithoh, U. Chasanah, E. A. Sinambela, & E. Ernawati. (2023). Pendampingan Digital Marketing UMKM Budidaya Jamur Tiram Putih di Desa Jumputrejo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1-6.

Kemarauwana, M. & D. Darmawan. (2020). Perceived Ease of Use Contribution to Behavioral Intention in Digital Payment, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 1-4.

Khayru, R.K., R. N. K. Kabalmay, M. W. Amri & R. Mardikaningsih. (2022). The Role of Psychological Capital and Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Intention, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(1), 49-60.

Kurniawan, Y., I. Setiawan, R. K. Khayru, & D. Darmawan, S. N. Halizah. (2021). Kajian Faktor-Faktor yang Membentuk Intensi Berwirausaha Mahasiswa, Jurnal Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41 – 48.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lumbanraja, P., A. N. Lubis, & S. R. A. Salim. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerajinan Menjahit dan Bordir di Kecamatan Medan Area Kota Medan. Abdimas Talenta, 2(1), 41-47.

Luthfiyah, A., F. Djamhur, R. Melinda, Y. Rasyid, & A. M. Putri. (2021). Analisis SWOT untuk Meningkatkan Manajemen Strategi Pada UMKM (Studi Usaha Jahit Pani di Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3033-3041.

Manurung, A. H. (2007). Wirausaha Bisnis UKM. Kompas, Jakarta.

Mardikaningsih, R. et al. (2018). Studi Tentang Pengaruh Daya Tarik Promosi, Media Digital dan Kelompok Referensi terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Tokopedia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 21-30.

Mardikaningsih, R. (2022). Reinforcement of Students' Entrepreneurial Intentions through Soft Skills and Hard Skills Empowerment, Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 6-14.

Ni'am, S., M. Mujito, H. Udjari, D. Darmawan, M. C. Rizky, R. Firmanto, I. Purwanto. (2024). Supervision and Enforcement of Street Vendors, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 5(2), 7–10.

Nuraini, R, S. N. Halizah, D. S. Arum, M. T. Hardiyanti, & M. Masrifah. (2023). Price and Brand Image: Drivers of Consumer Loyalty in the Footwear Market. Journal of Science, Technology and Society, 4(1), 35-46.

Nuraini, R., B. Gardi, D.Darmawan. (2024). Application of Accounting Information Systems in Micro, Small and Medium Enterprises, Bulletin of Science, Technology and Society, 3(1), 21-30. Safitri, E. (2012). Pengelolaan Usaha Jahit Pakaian di Kecamatam Kampar Timur Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi. Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Putra, A.R., S. Arifin, R. Mardikaningsih, & M Hariani. (2016). Peran Karakteristik Kewirausahaan Dan Inovasi Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Sidoarjo, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 29-34.

Sigita, D. S. & Y. R. Al Hakim. (2022). The Effect of Service Quality, Digital Marketing and Brand Image on Customer Satisfaction, Studi Ilmu Sosial Indonesia, 2(2), 59-72.

Sinambela, E. A. & D. Darmawan. (2022). Advantages and Disadvantages of Using Electronic Money as a Substitute for Cash, Journal of Social Science Studies, 2(2), 56-61.

Sinambela, E.A., R. Mardikaningsih, E. Retnowati, U. P. Lestari, J. Jahroni, A. R. Putra, M. Munir, D. Darmawan & S. Arifin. (2022). Penyuluhan dan Pelatihan Pendaftaran Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Journal of Social Responsibility Projects, 3(2), 120−122.

Suprihatiningsih. (2021). Prakarya dan Kewirausahaan Tata Busana di Madrasah Aliyah Merencanakan Pembuatan Busana dan Menjahit Busana. Dee Publish, Yogyakarta.

Widjaja, W. A. & A. Subardjo. (2018). Pengaruh Kesadaran, Pengetahuan Perpajakan, Ketegasan Sanksi, Tax Amnesty terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 1(1), 29-43.

Winarto, A. J. (2021). Analisis SWOT sebagai Strategi dalam Membantu Perekonomian UMKM Jasa Konveksi @anfcreative.id di Era Pandemi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 74-88.