Penerapan Business Model Canvas (BMC) dalam Meningkatkan UMKM Pengrajin Tas di Tanggulangin Sidoarjo

Isi Artikel Utama

Dewi Sekar Arum
Eli Retnowati
Eli Masnawati
Rahayu Mardikaningsih
Muhammad Zakki
Didit Darmawan
Febrian Dirgantara
Agung Satryo Wibowo
Terubus Terubus
Pratolo Saktiawan

Abstrak

Pemilik usaha dapat menjalankan industri bisnis dengan baik jika mereka mengelola mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dengan baik. Mereka dapat meningkatkan pendapatan UMKM lebih tinggi dengan model bisnis yang efektif dan efisien, dibandingkan dengan UMKM yang tidak merencanakan usahanya dengan baik. Kami bertujuan untuk menerapkan perencanaan Business Model Canvas (BMC) terhadap UMKM pengrajin tas di Tanggulangin, Kota Sidoarjo melalui kegiatan pengabdian ini. Kami menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Research). Penelitian kami menunjukkan bahwa Business Model Canvas (BMC) mampu meningkatkan pendapatan UMKM pengrajin tas di Tanggulangin, Sidoarjo. Kami berperan besar dalam memberikan konsep ilmu baru terkait perencanaan bisnis model ini kepada pengusaha UMKM. Pemilik pengrajin tas tersebut memahami pentingnya perencanaan bisnis yang strategis dan kebutuhan akan model bisnis yang efektif dan efisien.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bashir, M., A. Alfalih, & S. Pradhan. (2023). Managerial Ties, Business Model Innovation & SME Performance: Moderating Role of Environmental Turbulence. Journal of Innovation & Knowledge, 8(1), 100329.

Casnan, C., P. Purnawan, E. Noor, H. Hardjomidjojo, I. Irzaman, E. Rohaeti, & A. Kurniawan. (2022). Business Model Analysis of Agro-Industrial Development of Rice Husks-Based Silica by Business Model Canvas Approach. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 32(2), 156-165.

Chege, S. M., D. Wang, & S. L. Suntu. (2020). Impact of Information Technology Innovation on Firm Performance in Kenya. Information Technology for Development, 26(2), 316–345.

Dewi, D. H., A. Firdaus, & N. Riandi. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Kewirausahaan dengan Analisis Business Model Canvas (BMC) bagi Pelaku UMKM: Desa Cilember Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(2), 143-153.

Darmawan, D. et al. (2023). Digitalization of Kedai Industry: Analysis of The Role of Internet Marketing Orientation and Innovation on Marketing Performance. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 21-31.

Darmawan, D. (2024). Distribution of Six Major Factors Enhancing Organizational Effectiveness. Journal of Distribution Science, 22(4), 47-58.

Fritscher, B. & Y. Pigneur. (2014). Visualizing Business Model Evolution with the Business Model Canvas: Concept and Tool. In 2014 IEEE 16th Conference on Business Informatics, 1, 151-158.

Geissdoerfer, M., D. Vladimirova, & S. Evans. (2018). Sustainable Business Model Innovation: A Review. Journal of cleaner production, 198, 401-416.

Hutamy, E. T., A. Marham, A. N. Q. A. Alisyahbana, N. Arisah, & M. Hasan. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1-11.

Kemarauwana, M. & D. Darmawan. (2020). Perceived Ease of Use Contribution to Behavioral Intention in Digital Payment, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 1-4.

Kusriyanti, T. (2020). Perancangan Strategi Bisnis dengan Metode Business Model Canvas Pada Leora Design Interior & Furniture. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 527-536.

Mardikaningsih, R. et al. (2018). Studi Tentang Pengaruh Daya Tarik Promosi, Media Digital dan Kelompok Referensi terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Tokopedia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 21-30.

Ni'am, S., M. Mujito, H. Udjari, D. Darmawan, M. C. Rizky, R. Firmanto, I. Purwanto. (2024). Supervision and Enforcement of Street Vendors, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 5(2), 7–10.

Nuraini, R., B. Gardi, D.Darmawan. (2024). Application of Accounting Information Systems in Micro, Small and Medium Enterprises, Bulletin of Science, Technology and Society, 3(1), 21-30.

Octavia, D. R., R. Nurmitha, R. Veronika, & N. Nurbaiti. (2022). Peluang dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis), 4(1), 31-40.

Prameswari, A. G. & F. Nurhidayah. (2020). Penerapan Business Model Canvas dan Proyeksi Analisis Finansial Sebagai Solusi Keberlangsungan Kegiatan UMKM di Pamulang. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 12(2), 96-114.

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Info Singkat, 10(9), 19-24.

Shobaah, R., H. Irianto, & K. Kusnandar. (2023). Penerapan Business Model Canvas sebagai Strategi Pengembangan Bisnis bagi UMKM Gula Aren Temon di Kabupaten Pacitan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS, 7(1), 1369-1376.

Sinambela, E. A. & D. Darmawan. (2022). Advantages and Disadvantages of Using Electronic Money as a Substitute for Cash, Journal of Social Science Studies, 2(2), 56-61.