Penerapan Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Usaha Mikro Super Baret Konveksi di Kampung Topi Punggul Sidoarjo

Isi Artikel Utama

Hasmi Nur Bayhaqi
Sholehuddin Sulaiman
Didit Darmawan
Samsul Arifin
Muhammad Catur Rizky
Misbachul Munir
Arif Rachman Putra

Abstrak

Kegiatan ekonomi senantiasa mengalami perputaran dan perkembangan yang berkelanjutan di era modern. Ekonomi yang berkelanjutan harus menyeimbangkan antara kebutuhan ekonomi, kebutuhan sosial, dan kebutuhan lingkungan serta berpihak pada rakyat dan membantu masyarakat miskin untuk mendapatkan akses ke peluang ekonomi. UMKM oleh masyarakat yang merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga atau secara kelompok khususnya masyarakat dengan tingkat perekonomian rendah. Di era zaman sekarang yang sudah mengalami perkembangan teknologi dan informasi lebih pesat dari zaman-zaman sebelumnya menuntut agar para pengusaha UMKM ikut beradaptasi dengan perkembangan yang sedang terjadi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM Super Baret di Kampung Topi Punggul Sidoarjo. Metode yang digunakan yakni PAR (Participatory Action Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital mampu untuk meningkatkan penjualan UMKM sehingga kegiatan pengabdian telah dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran. 2(1). 123–131

Aryansah, J. E., D. Mirani, & M. Martina. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 323-329.

Darmawan, D. et al. (2023). Digitalization of Kedai Industry: Analysis of The Role of Internet Marketing Orientation and Innovation on Marketing Performance. Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal, 5(1), 21-31.

Darmawan, D. (2024). Distribution of Six Major Factors Enhancing Organizational Effectiveness. Journal of Distribution Science, 22(4), 47-58.

Hilmiana, H. & D. H. Kirana. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Segar Halal. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74-81.

Infante, A. & R. Mardikaningsih. (2022). The Potential of social media as a Means of Online Business Promotion, Journal of Social Science Studies, 2(2), 45-48.

Jannah, Z., M. F. Jazuli, T. S. Anjanarko, D. Darmawan, N. Masithoh, U. Chasanah, E. A. Sinambela, & E. Ernawati. (2023). Pendampingan Digital Marketing UMKM Budidaya Jamur Tiram Putih di Desa Jumputrejo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 1(2), 1-6.

Kemarauwana, M. & D. Darmawan. (2020). Perceived Ease of Use Contribution to Behavioral Intention in Digital Payment, Journal of Science, Technology and Society, 1(1), 1-4.

Kistyanto, A., U. Hartono, F. Fathoni, Y. Isbanah, & R. S. Paramita. (2022). Mewujudkan UMKM Mandiri Melalui Integrated Online Marketing di Desa Punggul Sidoarjo. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 155-161.

Mardikaningsih, R. et al. (2018). Studi Tentang Pengaruh Daya Tarik Promosi, Media Digital dan Kelompok Referensi terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Tokopedia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 21-30.

Ni'am, S., M. Mujito, H. Udjari, D. Darmawan, M. C. Rizky, R. Firmanto, I. Purwanto. (2024). Supervision and Enforcement of Street Vendors, International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 5(2), 7–10.

Nuraini, R, S. N. Halizah, D. S. Arum, M. T. Hardiyanti, & M. Masrifah. (2023). Price and Brand Image: Drivers of Consumer Loyalty in the Footwear Market. Journal of Science, Technology and Society, 4(1), 35-46.

Nuraini, R., B. Gardi, D.Darmawan. (2024). Application of Accounting Information Systems in Micro, Small and Medium Enterprises, Bulletin of Science, Technology and Society, 3(1), 21-30.

Nurhayati, S. & A. Ardianingsih. (2021). Analisis digitalisasi pemasaran berbasis sosial media untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pekalongan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 66-74.

Purwana, D., R. Rahmi, & S. Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Sasongko, D., I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. S. Sari, & P. E. Allafa. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sinambela, E. A. & D. Darmawan. (2022). Advantages and Disadvantages of Using Electronic Money as a Substitute for Cash, Journal of Social Science Studies, 2(2), 56-61.