Upaya Menumbuhkan Jiwa Solidaritas dan Sportifitas Melalui Kegiatan Lomba 17 Agustus Antar RT di Desa Kebon Agung Sukodono Sidoarjo

Isi Artikel Utama

Tri Wahyuni
Mohammad Nuril Azizi
Fadllah Farah Diba
Moh. Syaiful Anwar
Misbachul Munir
Sebastianus Priambodo
Yayu Sriwahyuni Hamzah
Utami Puji Lestari

Abstrak

Kegiatan pendamingan berupa pengabdian keoada masyarakat di lokasi KKN memanfaatkan moment 17 Agustus sebagai bentuk partisipasi terhadap lingkungan sekitar. Tujuannya adalah membentuk kebersamaan dengan Masyarakat lokasi KKN. Dalam pelaksanaan program ini maka tahapan yang dilakukan adalah: studi pendahuluan, diskusi, pelaporan kegiatan dan evaluasi. Kehadiran mahasiswa ikut berpartisispasi dalam perlombaan ini,dengan sasaran peserta anak-anak untuk memeriahkan kegiatan. Di Desa Kebonagung mahasiswa giat melakukan pendekatan pada Masyarakat untuk menggali informasi yang kebiasaan yang dilakukan Masyarakat. Kegiatan ini menjadi agenda identical program kerja KKN Unsuri. karena mengingat kegiatan ini adalaha salah satu wujud pengabdian pada masyarakat.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 74-93.

Darmawan, D. et al. (2021a). Psychological Perspective in Society 5.0. Zahir Publishing, Jogjakarta.

Darmawan, D., F. Issalillah, E. Retnowati, & D. R. Mataputun. (2021b). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.

Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.

Djazilan, M. S. & D. Darmawan. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.

Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Lembong, D., S. Hutomo & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Mardikaningsih. R., E. A. Sinambela., D. Darmawan., S. Arifin., & A. R. Putra. (2022). Bakti Sosial dengan Pembagian Sembako Kepada Masyarakat Miskin di Kota Surabaya. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 2(3), 127−130.

Masnawati, E. & Y. Kurniawan. (2023). Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.

Nyoto, N., R. L. V. Nyoto, N. Renaldo, & I. Purnama. (2022). Peran Pemuda Mengisi Kemerdekaan Bangsa Melalui Pemantapan Wawasan Kebangsaan. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 65-73.

Putra, A. R. et al. (2022). Relationship between Parenting Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.

Rahman, A. (2019). Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Komunitas. Modul Pengembangan Komunitas. Bogor: Program Prencanaan dan Pengembangan Komunitas P4W. LPPM Institutue Pertanian Bogor.

Ummat, L.S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Wahyudi, I., D. Darmawan & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.