Keterlibatan Mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya dalam Kegiatan Peningkatan Nilai Spiritual Pada Pengajian Rutin di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono

Isi Artikel Utama

Trianti Setiyanti
Nurussaniyah Nurussaniyah
Didit Darmawan
Rahayu Mardikaningsih
Roidatus Shofiyah
Nailul Ulah Al Chumairoh Machfud
Nelud Darajaatul Aliyah

Abstrak

Pendampingan dan bimbingan rohaniah sejatinya merupakan langkah untuk memperkaya dimensi spiritual manusia dengan memperkuat keyakinan dan kesalehannya kepada Allah Swt, dengan tujuan mengatasi razia masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam perjalanan hidupnya. Dalam aspek keagamaan, Majelis Ta'lim memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat, karena intinya adalah untuk menyampaikan prinsip-prinsip keagamaan kepada para jamaahnya. Prakarsa Majelis Ta'lim dalam masyarakat telah membawa kebaikan dan manfaat bagi umat, terutama untuk kaum perempuan, terutama mereka yang menjadi anggota dan jemaahnya. Hal ini tidak hanya untuk kepentingan dan kehidupan jamaah Majelis Ta'lim, tetapi juga untuk semua tingkatan masyarakat, baik di lingkungan sosial maupun dalam lingkup keluarga.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Akmal, D. Kurniawan, D. Darmawan, & A. Wardani. (2015). Manajemen Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Amin, N. (2016). Peran Sosial Majlis Taklim (Perintisan Majlis Taklim Az-Zahra, Gondoriyo, Ngaliyan Sebagai Lembaga Amil Zakat). DIMAS, 16, 291-308.

Darmawan, D., S. Arifin, & A. R. Putra. (2018). Teknik Komunikasi. Metromedia, Surabaya.

Darmawan, D. et al. (2021a). Psychological Perspective in Society 5.0. Zahir Publishing, Jogjakarta.

Darmawan, D et al. (2021b). Tanaman Perkebunan Prospektif Indonesia. Penerbit Qiara Media, Pasuruan.

Darmawan, D., F. Issalillah, E. Retnowati, & D. R. Mataputun. (2021c). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11-23.

Darmawan, D. & R. Mardikaningsih. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Dengan Kualitas Komunikasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45-49.

Djazilan, M. S. & M. Hariani. (2022). Implementation of E-Learning-Based Islamic Religious Education. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(2), 14-21.

Djazilan, M. S. & D. Darmawan. (2021). The Influence of Parenting Style and School Culture on the Character of Student Discipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53-64.

Kurniawan, Y., A. S. Lee, R. K. Khayru, & M. Hariani. (2022). Social Media, Impact on Student Learning Behavior. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(1), 15-21.

Lembong, D., S. Hutomo, & D. Darmawan. (2015). Komunikasi Pendidikan. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Masnawati, E. & Y. Kurniawan. (2023). Empowering Minds: Unraveling the Impact of Information Technology and Technological Integration in Academic Environments on Learning Outcomes. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology, 3(1), 17–20.

Nugraha, F. (2020). Majlis Taklim dan Aktualisasi Visi Islam Transformatif. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(1), 42-60.

Putra, A. R. et al. (2022). Relationship between Parenting and Smartphone Use for Elementary School Age Children During the Covid 19 Pandemic. Bulletin of Multi-Disciplinary Science and Applied Technology, 1(4), 138-141.

Ummat, L. S. & E. Retnowati. (2022). The Influence of Social Capital, Intrinsic Motivation, Self-Esteem on Student Learning Outcomes. Bulletin of Science, Technology and Society, 1(3), 25-30.

Wahyudi, I., D. Darmawan, & R. Mardikaningsih. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Widodo, A. (2019). Urgensi Bimbingan Keagamaan Islam Terhadap Pembentukan Keimanan Mualaf. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(01), 66-90.